Sejarah Madrasah
Sejarah Madrasah

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Tangerang berdiri sejak tahun 1997, merupakan penegrian dari Madrasah Aliyah Swasta Al-Ihsan melalui SK Kementerian Agama No. 107  tanggal 17 Maret 1997 dengan lokasi Kp. Kirabun Ds. Kosambi Dalam Kec. Kronjo Kab. Tangerang Propinsi Banten. Sejak berdiri tahun 1997, tiap tahun tidak menunjukkan perkembangan yang berarti terutama jumlah murid. Ini bisa dilihat statistik perkembangan murid dari tahun ke tahun tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan. Salah satu penyebab kurang berkembangnya MAN 4 Tangerang adalah lokasi yang jauh dari pusat kota kecamatan dan kurangnya akses mobilitas seperti transportasi kendaraan umum.

Hal ini berdampak pada faktor-faktor yang lain seperti guru dan tenaga kependidikan serta siswa yang merasakan terlalu mahal untuk mencapai lokasi madrasah, sehingga kegiatan kependidikan tidak dapat terselenggara secara maksimal. Oleh sebab itu mulai tahun pelajaran 2004-2005 MAN 4 Tangerang melakukan pengembangan dengan mendirikan Kelas Jauh (Kampus 2) yang berlokasi di wilayah kota kecamatan Kronjo. Disamping ada akses komunikasi dan angkutan umum, diharapkan keberadaan MAN 4 Tangerang dapat melayani kebutuhan masyarakat Kronjo akan pendidikan, terutama Madrasah Aliyah.

Untuk mewujudkan hal tersebut mulai tahun pelajaran 2004/2005 MAN 4 Tangerang membuka kelas jauh (Kampus 2) di kota kecamatan, sekaligus membangun sarana dan prasarana yang dibutuhkan unntuk proses pembelajaran yang menempati tanah hibah dari Desa Pasilian seluas 4000 M2 dengan nomor 168/Krj/2004 tanggal 2 Nopember 2004 dengan lokasi Kp. Pejamuran Desa Pasilian Kec. Kronjo Kab. Tangerang Propinsi Banten

ke atas